Minggu, 24 Juni 2012

Saat memotong bawang mata terasa pedas dan sering mengeluarkan air mata, hal itu disebabkan oleh gas yang dikeluarkan bawang saat dipotong. Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Bawang merupakan bumbu yang utama dalam membuat sebuah masakan ?
Seperti yang dikatakan tadi gas yang dikeluaran bawang bisa membuat mata pedas dan mengeluarkan air mata, tapi itu dapat dicegah dengan beberapa cara, dan berikut beberapa caranya yang dikutip dari BeritaSatu.

1. Tak Perlu Menggunakan Tangan 
Potong-potonglah bawang di dalam alat penghalus makanan. Pastikan untuk tidak terlalu lama memproses bawang, dan tunggu beberapa detik sebelum membuka penutup alat pemroses makanan sampai gas dari bawang cukup tenang dan tidak menguar sehingga tidak membuat mata pedas.

2. Dinginkan Bawang 
Simpan bawang di dalam lemari pendinging, atau di dalam bagian freezer di lemari es selama beberapa menit sebelum memotong-motongnya. Meski bawang tidak perlu didinginkan, bawang dingin tetap bisa membuat air mata menetes meskipun tidak terlalu banyak seperti ketika bawang dipotong-potong dalam keadaan segar.

3. Siram Dengan Air 
Potong-potonglah bawang di bawah siraman air dingin untuk menyingkirkan gas yang membuat mata teriritasi.

4. Hindari Bagian Bawah
Anda bisa mengurangi mata pedas dengan memotong bagian atasnya dulu, kemudian kupas lapisan paling luar. Biarkan bagian akar tetap ada. Karena bagian ujung akar bawang adalah konsentrasi terbesar senyawa sulfur yang bisa membuat mata menangis.

5. Gunakan Pelindung Mata
Gunakan kacamata seperti kacamata untuk berenang atau untuk bekerja, untuk melindungi mata Anda dari gas bawang.
[ Sumber : BeritaSatu.com ]

Leave a Reply

Jika ingin copy paste artikel ini, jangan lupa sertakan sumbernya ya, hargai usaha admin ^^, Kalau mau komentar jangan yang bersifat menghina maupun mengejek. Tidak sopan tau hahaa. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ku. Jangan lupa di follow dan pasang banner ku ya \^^,/

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Arsip Blog

Ayat Alkitab

Friend's Banner

Copyright © 2013 David As'Chri ChieLietonga 06 | Robotic Notes | Powered by Blogger

Designed by : Johanes Djogan | Redesignde by : David As'Chri ChieLietonga 06: Cara Memotong Bawang Tanpa Mengeluarkan Air Mata